Home Pengetahuan Contoh Teks Narasi, Pengertian dan Ciri-cirinya

Contoh Teks Narasi, Pengertian dan Ciri-cirinya

1756
0
Rate this post

Contoh Teks Narasi РTeks narasi biasanya lebih dikenal dengan paragraf narasi. Teks narasi atau paragraf narasi umumnya bisa kita temukan dalam cerpen dan novel. Bahkan ada juga dalam karya tulis jenis biografi.  Teks narasi ini memiliki ciri khusus yaitu menceritakan suatu kejadian sesuai dengan urutan waktunya.

Secara umum, teks narasi dibuat untuk tujuan menghibur pembaca dengan kisah dan cerita kejadian fiksi atau non fiksi.

Pragraf narasi atau teks narasi bisa dipastikan memiliki alur cerita yang terkesan seperti menceritakan kronologis kejadian yang tersusun berurutan dan ditulis dengan gaya bahasa bercerita.

Sebenernya teks narasi itu yang seperti apa sih? Yuk simak dulu pembahasan teks narasi berikut supaya kamu lebih memahami apa itu teks narasi.

1. Pengertian Teks Narasi

Teks Narasi adalah sebuah teks yang disusun dari berbagai paragraf yang menceritakan kejadian berdasarkan kronologi dan waktu yang tersusun berurutan. Umumnya teks narasi berbentuk cerita dan kisah-kisah baik itu karangan fiksi atau non fiksi.

2. Jenis Teks Narasi

Ternyata teks narasi juga ada beberapa macam jenisnya. Ada 3 jenis teks narasi yang akan dibahas di sini. Yang pertama adalah jenis teks narasi Ekspositoris, yang kedua adalah jenis teks narasi Sugestif dan yang terakhir yaitu teks narasi Artistik.

2.1. Teks Narasi Ekspositoris

Teks narasi Ekspositoris adalah teks narasi yang menceritakan peristiwa yang benar-benar nyata alias fakta dan benar-benar terjadi. Bukan cerita fiksi. Teks narasi Ekspositoris juga disebut teks narasi nonfiksi.

Berikut ini ciri-ciri teks narasi ekspositoris yang bisa kamu cermati :

  1. Memiliki tujuan memperluas pengetahuan.
  2. Informasi yang disampaikan faktual atau berdasarkan fakta yang terjadi.
  3. Menyajikan informasi kehidupan pribadi tokoh berdasarkan sisi yang bisa diamati
  4. Menggunakan penalaran
  5. Memiliki tingkat objektifitas yang tinggi, sudut pandang penulis dikesampingkan.
  6. Menggunakan bahasa yang bersifat informatif dengan penekanan pada kata-kata denotatif.

Contoh Paragraf Narasi Ekspositoris :

Sesuai dengan amanat Pasal 33 UUD 1945, Pembangunan Ekonomi Nasional dilakukan oleh tiga pelaku ekonomi yaitu BUMN/BUMD, BUMS dan Koperasi. Ketiga pelaku ekonomi tersebut di kenal dengan sebutan “tiga pilar perekonomian indonesia”. Dengan demikian,pembangunan ekonomi negara kita benar benar bertumpuh pada ketiga pelaku ekoomi tersebut.

2.2. Teks Narasi Sugestif

Teks narasi Sugestif adalah teks narasi yang menceritakan sesuatu yang bersifat tidak nyata atau bersifat fiktif atau bisa juga menceritakan kejadian yang ada di kehidupan nyata.

Berikut ini ciri-ciri teks narasi sugestif yang bisa kamu cermati :

  1. Menyampaikan makna yang tersirat
  2. Memancing daya khayal para pembaca
  3. Penalaran hanya digunakan sebagai fasilitas untuk menyampaikan makna sehingga penalaran bisa dilanggar
  4. Bahasanya lebih condong ke bahasa yang tidak sebenarnya yang hanya fokus pada penggunaan kata-kata konotatif
  5. Banyak menggunakan majas/gaya bahasa

Contoh Paragraf Narasi Sugestif :

Doni adalah anak pertama dari tiga bersaudara, Ayahnya sudah lama meninggal dia tinggal di rumah sederhana peninggalan Ayahnya bersama Ibu dan kedua Adiknya.Ibunya banting tulang siang malam memenuhi kebutuhan mereka bertiga.

Pagi itu seperti biasa Doni berangkat kerja,Doni bekerja di sebuah perusahaan swasta sebagai cleaning service,maklumlah Doni hanya tamatan sekolah menengah atas. Demi membantu Ibunya membiayai sekolah adiknya, Doni rela mengorbankan impiannya untuk melanjutkan sekolahnya  ke Perguruan Tinggi. Walaupun banyak yang menghina pekerjaannya, tapi dia selalu semangat bekerja, Dia selalu berdoa agar Tuhan mewujudkan impiannya untuk melanjutkan sekolahnya dan mewujudkan impiannya sebagai Sarjana.

2.3. Teks Narasi Artistik

Teks narasi Artistik adalah teks narasi yang menceritakan peristiwa yang bersifat fiktif atau berdasarkan imajinasi penulis kepada pembacanya. Umumnya banyak menggunakan bahasa figuratif. Umumnya teks narasi ini dapat kita temukan dalam karangan seperti novel, cerpen, cerita rakyat, hikayat dan lainnya yang sejenis. Teks narasi ini dibuat untuk tujuan memberikan pengalaman dan hiburan lebih wah kepada pembacanya.

3. Ciri-ciri Teks Narasi

Seperti apa sih teks narasi itu? Sebuah teks bisa dikatakan teks narasi jika memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Isi teks berisi tentang kisah, peristiwa atau cerita yang disususn dari paragraf-paragraf narasi
  2. ceita yang disampaikan memiliki urutan persitiwa atau konologi yang tersusun dari awal sampai akhir.
  3. Terdapat perisatiwa atau konflik yang diceritakan dalam teks
  4. Memiliki beberapa unsur teks berupa tema, latar, seting tempat, karakter dan lain sebagainya

4. Contoh Teks Narasi

Sebenarnya banyak sekali contoh-contoh teks narasi yang ada di dunia maya. Kamu bisa mencarinya melalui search engine seperti google atau yahoo search. Ketik saja di kolom pencarian “contoh teks narasi”. Nanti kamu akan menemukan banyak sekali website-website yang menyajikan contoh-contoh teks narasi dari A sampai Z. Berbagai contoh teks narasi jenis apapun ada.

Namun, di bawah ini ada beberapa contoh teks narasi yang bisa kamu jadikan referensi belajar. Walau sedikit, yang penting bisa kamu pahami dengan mudah.

4.1. Contoh Teks Narasi Ekspositoris

4.2. Contoh Teks Narasi Sugestif

4.3. Contoh Teks Narasi Pendek

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.